.
Home » , » wujud budaya guru

wujud budaya guru

budaya sekolah mempunyai bentuk-bentuk budaya spesifik serta di antaranya yaitu wujud budaya guru yang melukiskan perihal cii-ciriistik pola-pola jalinan guru di sekolah. hargreaves ( 1992 ) sudah mengidentifikasi lima wujud budaya guru, yakni : individualism, balkanization, contrived collegiality, collaboration, serta moving mosaic.


  1. individualism. budaya didalam wujud ini ditandai karenanya ada beberapa besar guru bekerja dengan sendiri-sendiri ( soliter ), mereka jadi tersisolasi didalam area kelasnya, serta cuma sedikit kolaborasi, hingga peluang pengembangan profesi melewati diskusi atau berbagi dengan yang lain jadi amat terbatas. 
  2. balkanization. wujud budaya yang ke-2 ini ditandai karenanya ada sub-sub grup dengan terpisah yang condong saling berkompetisi serta lebih mementingkan grupnya dari pada mementingkan sekolah dengan total. contohnya, hadirnya grup guru senior serta guru junior atau grup-kelompok guru menurut mata pelajaran. pada budaya ini, komunikasi jarang berlangsung serta kurang ada kesinambungan saat memantau perubahan tingkah laku siswa, apalagi condong mengabaikannya. 
  3. contrived collegiality. wujud budaya yang ketiga ini telah berlangsung kolaborasi yang ditentukan oleh manajemen, contohnya memastikan prosedur rencana berbarengan, konsultasi serta pengambilan ketentuan, dan pandangan perihal hasil-hasil yang diinginkan. wujud budaya ini amat berguna untuk masa-masa awal saat membangun jalinan kolaboratif beberapa guru. meski demikianlah, pada buaya ini belum dapat menanggung ketercapaian hasil, dikarenakan untuk membangun budaya kolaboratif memanglah tidak dapat melewati paksaan. 
  4. collaboration. pada budaya inilah guru bisa memilih dengan bebas serta saling beri dukungan dengan didasari saling yakin serta keterbukaan. didalam budaya kolaboratif ada saling keterpaduan ( intermixing ) pada kehidupan pribadi dengan tugas-tugas profesional, saling menghormati, serta ada toleransi atas perbedaan. 
  5. moving mosaic. pada model ini sekolah telah tunjukkan cii-ciriistik seperti apa yang disampaikan oleh senge ( 1990 ) perihal “learning organisation”. beberapa guru amat fleksibel serta adaptif, seluruh guru mengambil peran, bekerja dengan kolaboratif serta reflektif, dan mempunyai prinsip untuk lakukan perbaikan dengan berkaitan.
Share this article :

Berlangganan via Email

Berlangganan Lewat Email !
Dapatkan kiriman artikel terbaru langsung ke email anda!


 
Support : Bayani Education | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Bayani Education - All Rights Reserved
Tempat Belajar Online Di Indonesia Bayani Education