pada zaman serba canggih seperti saat ini, aktivitas mendongeng di mata anak-anak tidak popular lagi. sejak bangun sampai menyambut tidur, mereka dihadapkan pada televisi yang menghidangkan bermacam acara, dimulai dari film kartun, kuis, sampai sinetron yang seringkali bukan hanya tontonan yang cocok untuk anak. jikalau mereka jemu dengan acara yang di sajikan, mereka bisa geser pada permainan lain seperti videogame.
meski demikianlah, aktivitas mendongeng sebenarnya dapat memikat serta mendatangkan banyak faedah, tidak cuma untuk anak-anak namun juga orang tua yang mendongeng untuk anaknya. aktivitas ini bisa mempererat ikatan serta komunikasi yang terjalin pada orang tua serta anak. beberapa ahli menyebutkan ada sebagian faedah lain yang bisa digali dari aktivitas mendongeng ini.
pertama, anak bisa mengasah daya pikir serta imajinasinya. perihal yang belum pasti bisa terpenuhi apabila anak cuma melihat dari televisi. anak bisa membentuk visualisasinya sendiri dari cerita yang didengarkan. ia bisa memikirkan seperti apa tokoh-tokoh ataupun kondisi yang nampak dari dongeng tersebut. makin lama anak bisa melatih kreativitas lewat cara ini.
kedua, cerita atau dongeng adalah media yang efisien untuk menanamkan beragam nilai serta norma pada anak, apalagi untuk menumbuhkan rasa empati. contohnya nilai-nilai kejujuran, rendah hati, kesetiakawanan, kerja keras, ataupun perihal beragam rutinitas sehari-hari seprti pentingnya makan sayur serta menggosok gigi. anak juga diinginkan bisa lebih gampang menyerap beragam nilai tersebut dikarenakan kak agam disini tidak berlaku memerintah atau menggurui, sebaliknya beberapa tokoh cerita didalam dongeng tersebutlah yang diinginkan jadi perumpamaan atau teladan untuk anak.
ketiga, dongeng bisa jadi langkah awal untuk menumbuhkan ketertarikan baca anak. sesudah tertarik pada beragam dongeng yang dikisahkan kak agam, anak diinginkan mulai menumbuhkan ketertarikannya pada buku. dimulai dengan buku-buku dongeng yang sering didengarnya, lantas meluas pada buku-buku lain seperti buku pengetahuan, sains, agama, dan seterusnya.
tak ada batasan umur yang ketat tentang kapan baiknya anak bisa mulai diberi dongeng oleh kak agam. untuk anak-anak umur prasekolah, dongeng bisa menolong mengembangkan kosa kata. cuma saja cerita yang dipilihkan sudah pasti yang simpel serta sering didapati anak sehari-hari. contohnya dongeng-dongeng perihal binatang. namun untuk anak-anak umur sekolah dasar bisa dipilihkan cerita yang memiliki kandungan teladan, nilai serta pesan moral dan masalah solving. harapannya nilai serta pesan tersebut lantas bisa diaplikasikan anak didalam kehidupan sehari-hari.
kesuksesan satu dongeng tidak saja ditentukan oleh daya rangsang imajinatifnya, namun juga kesadaran serta kekuatan pendongeng untuk menyajikannya dengan menarik. karenanya kak agam bisa memakai beragam alat bantu seperti boneka atau beragam buku cerita sebagai sumber yang bisa dibaca oleh orang tua sebelum saat mendongeng.
faedah dongeng untuk anak :
1. mengasah daya pikir serta imajinasi
2. menanamkan sharing nilai serta etika
3. menumbuhkan ketertarikan baca
kemampuan dongeng pada anak
kak bimo, seorang penggemar anak-anak, guru, trainer, sekalian pendongeng yang amat fasih serta piawai. di kotanya yogyakarta penulis mengenalnya tidak cuma lantaran kemampuannya menyihir anak-anak dengan dramatis, tetapi juga dikarenakan muatan pesan moral yang didalam dan komprehensif dapat diselipkan dengan amat apik serta tidak membebani. anak-anak demikianlah terbius seluruh perhatian serta pikirannya pada alur cerita simpel tetapi enak diikuti sepanjang dongeng berjalan. lantas kita barangkali mengetahui pm toh, pendongeng asal aceh yang senantiasa mementingkan hubungan dan situasi yang safe serta nyaman untuk anak-anak yang mendengarkannya. disamping itu tidak asing untuk kita yaitu kusumo priyono, maestro dongeng indonesia yang berpendapat bahwa saat mendongeng umumnya ada suatu hal yang pingin disampaikan, terlebih moral serta budi pekerti. disamping itu, yang tidak kalah mutlak yaitu sarat nuansa hiburan untuk anak-anak ( mendidik serta kreatif ) hingga anak jadi suka serta terhibur. demikian, anak-anak benar-benar sangat suka mendengarkan cerita atau dongeng. terlebih cerita yang dibacakan oleh orang tua atau orang dewasa.
menimbang faedah dongeng
tidak dapat disangkal bahwa dongeng memanglah mempunyai daya tarik tersendiri. di beberapa segi, berlangsung satu fenomena klise, bahwa anak-anak sebelum saat tidur sering minta mendengar dongeng yang diceritakan oleh ibu, nenek, atau orang dewasa yang berupaya menidurkannya. walau mungkin ditafsirkan bahwa dongeng tidak selamanya mengasyikkan, tetapi sebenarnya memanglah dongeng gampang membuat anak tertidur, disamping dongeng disetujui sebagai kegiatan rileks memanglah mempunyai potensi konstruktif untuk beri dukungan pertumbuhkembangan mental anak. bercerita atau mendongeng didalam bhs inggris dimaksud storytelling, mempunyai banyak faedah. faedah tersebut salah satunya yaitu dapat mengembangkan daya pikir serta imajinasi anak, mengembangkan kekuatan bicara anak, mengembangkan daya sosialisasi anak serta yang terlebih yaitu fasilitas komunikasi anak dengan orang tuanya. ( media indonesia, 2006 ). kelompok umur pakar psikologi merekomendasikan supaya orangtua membiasakan mendongeng untuk kurangi dampak jelek alat permainan modern. perihal itu dipentingkan mengingat hubungan segera pada anak balita dengan orangtuanya dengan mendongeng amat punya pengaruh saat membentuk cii-ciri anak menyambut dewasa.
disamping itu, dari beragam cara untuk mendidik anak, dongeng adalah cara yang tidak kalah ampuh serta efisien untuk berikan human touch atau sentuhan manusiawi serta sportifitas untuk anak. melewati dongeng juga jelajah cakrawala pemikiran anak dapat jadi tambah baik, lebih gawat, serta cerdas. anak juga dapat mengerti perihal mana yang butuh ditiru serta yang tidak bisa ditiru. perihal ini dapat menolong mereka saat mengidentifikasikan diri dengan lingkungan lebih kurang disamping meringankan mereka menilai serta memposisikan diri di dalam-tengah orang lain. sebaliknya, anak yang kurang imajinasi dapat menyebabkan pada pergaulan yang kurang, sukar bersosialisasi atau beradaptasi dengan lingkungan yang baru.
tetapi lepas dari setumpuk teori faedah tersebut, terasa kita terus mesti waspada. dikarenakan bila kita kurang cermat, cukup banyak dongeng memiliki kandungan cerita yang justru rawan jadi teladan jelek untuk anak-anak. sebut saja dongeng rakyat perihal sangkuriang yang dengan eksplisit mengisahkan bahwa ibu kandung sang-kuriang dikarenakan bersumpah dapat jadi istri pihak yang mengambil peralatan tenun yang jatuh terpaksa menikah dengan seekor anjing. tidak cukup itu kondisi diperparah oleh cerita bahwa sesudah membunuh sang anjing yang notabene yaitu bapak kandungnya sendiri sangkuriang pernah jatuh cinta didalam arti asmara pada dayang sumbi, ibu kandungnya sendiri. belum terhitung kelicikan dayang sumbi membangunkan ayam jago supaya berkokok sebelum akan fajar betul-betul tiba, untuk mengecoh sangkuriang supaya menduga dirinya gagal mencukupi keinginan dayang sumbi yaitu merampungkan pembuatan perahu didalam satu malam saja. dikarenakan muatan-muatan pada cerita dongeng mesti dipertimbangkan dengan kondisi psikologi yang barangkali deserap oleh sang anak, jangan sempat berlangsung kekeliruan pemahaman dari dongeng yang ditujukan positif jadi jadi negatif...
written by : rudi maryati, s. pd serta kak agam di http ://www. dongengkakrico. com
faedah serta kemampuan dongeng pada psikologi anak
Related Articles
If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.